Study in Australia

Attend leading universities in top-ranked student cities

10 alasan untuk belajar di Australia

1. Australia adalah negara besar & beragam

Lingkungan urban

Australia adalah pulau terbesar dan negara terbesar ke-6 di dunia. Meski demikian, jumlah penduduk yang hanya 24 juta (dan terus bertambah) sebagian besar terkonsentrasi di ibu kota. Sydney dan Melbourne adalah kota terbesar dengan hampir 40% dari seluruh populasi. Ibu kota lainnya adalah Canberra (ibu kota nasional), Brisbane, Perth, Adelaide, Hobart, dan Darwin.

Pemandangan yang beragam

Gambar apa yang Anda bayangkan ketika memikirkan Australia? Mungkin Anda berpikir tentang pantai yang menakjubkan, selancar, peternakan besar, pedalaman yang tak ada habisnya, atau penduduk asli Australia. Atau tentang fakta bahwa lebih dari sepertiga wilayah Australia adalah gurun, tetapi tahukah Anda bahwa Australia juga memiliki hutan hujan tropis, subtropis, dan beriklim sejuk, atau Anda dapat bermain ski di Pegunungan Alpen Australia?

Hewan asli yang khas

Australia memiliki sejumlah besar hewan purba yang khas dan unik, termasuk platipus, kanguru, echidna, dan koala, serta laba-laba, ular, dan hewan merayap menyeramkan lainnya yang mematikan! Australia memiliki tidak kurang dari 516 taman nasional untuk melindungi hutan belantaranya yang beragam.

Australia modern multikultural

Australia juga merupakan salah satu negara yang paling beragam secara etnis di dunia. Satu dari empat orang di Australia (26%) lahir di luar negeri, lebih dari 300 bahasa digunakan di rumah-rumah Australia, dan lebih dari 100 agama diakui di Australia.

2. Peringkat tidak berbohong

Kota paling layak huni

Melbourne terpilih sebagai kota paling layak huni ke-2 di dunia (setelah memegang posisi #1 untuk rekor 7 tahun dari 2011-2017), dengan Sydney peringkat #5 dan Adelaide #10 dalam Indeks Kelayakan Global Economist Intelligence Unit, 2018.

Melbourne #1 & Sydney #2 kota pelajar

Melbourne dan Sydney masing-masing menduduki peringkat 1 dan 2 dalam QS Best Student Cities Ranking 2018 (Student Mix Rank). Australia berada di peringkat ke-8 dalam lingkungan terbaik dalam hasil keseluruhan Economist Intelligence Unit’s 2017 Worldwide Educating for the Future Index. Australia juga menempati peringkat ke-9 di dunia dalam Legatum Prosperity Index™ 2017.

3. Pilihan studi yang aman

Pelajar internasional

Jika Anda memilih untuk belajar di Australia, Anda tidak akan sendirian dan kemungkinan besar akan berada di antara orang-orang dari negara Anda sendiri dan orang lain, serta siswa Australia, tentu saja. Bahkan, Australia menyambut jumlah mahasiswa asing ketiga tertinggi di dunia setelah Amerika Serikat dan Inggris. Australia menghitung 534.189 siswa internasional dari semua tingkatan pada Maret 2018 dengan sebagian besar siswa internasional berasal dari Cina, Internasional, Nepal, Malaysia, dan Vietnam, dengan semakin banyak siswa dari Brasil dan Kolombia. Ada lebih dari 300.000 mahasiswa internasional dari berbagai negara di universitas-universitas Australia, dengan jumlah ini mencapai 24% dari populasi universitas Australia.

4. Institusi pendidikan yang berkualitas

Peringkat tinggi

Ada 43 universitas di Australia, dengan lebih dari 1 juta mahasiswa terdaftar dan berbagai pilihan studi. Selain itu, Australia memiliki banyak lembaga pendidikan, sekolah, dan perguruan tinggi berkualitas lainnya. Empat universitas Australia termasuk dalam 100 universitas teratas di Center for World University Rankings terbaru. University of Melbourne (peringkat 57) adalah universitas Australia dengan peringkat #1. Universitas Australia lainnya dalam peringkat 100 teratas ini termasuk University of Sydney, University of Queensland dan Australian National University. Secara keseluruhan, 25 universitas Australia termasuk dalam peringkat CWUR dari 1000 universitas teratas dari 61 negara.

Visa kerja pasca-studi

Gelar, diploma, atau sertifikat dari universitas-universitas Australia mewakili standar kualitas tertentu, yang diterjemahkan ke dalam prospek pekerjaan yang lebih baik bagi Anda. Selain itu, jika Anda memenuhi persyaratan kelayakan Departemen Dalam Negeri (yaitu Anda telah menyelesaikan Diploma atau Sarjana Anda di Australia dan pekerjaan Anda termasuk dalam salah satu daftar keterampilan strategis prioritas yang relevan), Anda mungkin memenuhi syarat untuk aliran kerja pascasarjana atau visa arus kerja pasca-studi, memungkinkan Anda untuk bekerja di Australia pada akhir studi Anda. Australia mempertahankan undang-undang imigrasi yang ketat dan keadaan individu dapat berbeda, jadi Anda harus berkonsultasi dengan pengacara imigrasi yang berkualifikasi dan bereputasi baik sebelum mengambil hak apa pun.

5. Nilai untuk uang

Pertimbangkan semua biaya

Sementara biaya hidup di Australia (terutama di Sydney, Melbourne, dan Perth) meningkat karena ekonomi lokal, masih jauh lebih murah untuk mendapatkan pendidikan universitas yang berkualitas di Australia dibandingkan dengan Amerika Serikat, misalnya. Anda harus mempertimbangkan dengan hati-hati tidak hanya biaya kuliah Anda tetapi juga biaya buku dan perlengkapan siswa lainnya, biaya hidup, transportasi, makanan, hiburan, perjalanan, telekomunikasi, medis, asuransi, utilitas, dan visa. Seperti biasa, perencanaan dengan hati-hati dan awal dianjurkan. Lakukan penjumlahan Anda dan buat penilaian yang dipertimbangkan sesuai dengan keadaan pribadi Anda sendiri.

6. Belajar bahasa Inggris

IELTS

Jika bahasa Inggris bukan bahasa ibu Anda, Anda perlu memasukkan bahasa Inggris Anda ke standar yang diperlukan untuk belajar di universitas-universitas Australia. Level yang diperlukan mungkin berbeda untuk kursus yang berbeda, tetapi Anda harus mengandalkan minimal 6.0, sebagai aturan umum. Untungnya, ada beberapa lembaga pelatihan bahasa Inggris berkualitas tinggi di Australia, seperti Deakin University English Language Institute (DUELI), yang membantu Anda mempersiapkan ujian International English Language Testing System (IELTS) Anda. Penguasaan bahasa Inggris merupakan prasyarat untuk studi universitas, dan kemahiran bahasa Inggris lisan dan tulisan juga akan meningkatkan prospek karir Anda.

7. Gaya Hidup

Olahraga & rekreasi

Gaya hidup di Australia tidak ada duanya. Orang Australia gila olahraga dan Anda akan dengan mudah menemukan grup untuk bermain atau menonton olahraga favorit Anda, baik itu kriket, sepak bola, rugby union, liga rugby, tenis, bersepeda, hoki lapangan, berenang, atau mendayung. Orang Australia memainkan empat kode sepak bola dan bahkan telah mengembangkan kode mereka, Australian Rules Football.

Seni, budaya, mode & musik

Pilihan budaya berlimpah dengan banyak galeri dan museum utama, termasuk Galeri Seni Sydney New South Wales dan Galeri Nasional Victoria (NGV) Melbourne, yang merupakan museum seni ke-19 yang paling banyak dikunjungi di dunia pada tahun 2017, yang memamerkan pameran internasional dan Australia yang besar. Fashionista akan menikmati peluang belanja yang luar biasa dan menemukan merek baru yang unik. Sebagian besar ibu kota Australia membanggakan panggung musik live yang dinamis. Bergabunglah dengan mereka yang senang menemukan bar tersembunyi di jalur dan gang kota.

Perjalanan & petualangan

Bagaimana dengan bepergian ke banyak kilang anggur Australia yang luar biasa, atau mengunjungi kota tua bersejarah Australia atau hiking di alam terbuka yang menyenangkan? Dengan garis pantai terbesar ke-7 di dunia, Australia memiliki banyak pantai yang indah. Pantai Bondi Sydney mungkin yang paling terkenal, tetapi dengan lebih dari 10.000 pantai di Australia, ada begitu banyak untuk dijelajahi. Ada banyak pilihan untuk istirahat mini yang menyenangkan, di samping ruang belajar Anda.

Makan bersama teman

Tetapi kami tahu bahwa ketika Anda rindu kampung halaman dan jauh dari rumah, Anda tidak akan kehilangan apa pun selain makanan dari negara Anda sendiri. Kualitas produk di Australia luar biasa, membuatnya mudah untuk memasak makanan lezat di rumah, atau mungkin Anda lebih suka mengunjungi Chinatown, Little Internasional, atau Little Saigon. Lanskap kuliner di Australia beragam seperti populasinya, dengan berbagai pilihan dari anggaran hingga santapan yang sesuai dengan semua selera.

8. Keselamatan & keamanan

Australia adalah negara yang aman dan terlindungi dengan tradisi demokrasi yang kuat dan rasa hormat terhadap orang lain. Tentu saja, Anda harus selalu cerdas di jalanan dan memberikan perhatian ekstra di kota-kota besar, tetapi Anda dapat menjalani kehidupan yang aman dan tenteram di Australia, dengan hak untuk mengekspresikan pendapat Anda atau mengamati dan mengekspresikan keyakinan agama atau politik Anda sendiri.

9. Peraih Nobel Australia

Australia telah menghasilkan 15 penerima hadiah Nobel, setengahnya telah dianugerahkan di bidang fisiologi atau kedokteran. Beberapa penemuan dan inovasi Australia, yang menjadi sandaran dunia, termasuk Wi-Fi, telinga bionik, vaksin kanker serviks, dan perekam penerbangan Black Box. Apakah Anda akan menjadi pemenang Nobel berikutnya? Ayo belajar dengan yang terbaik dan terpintar di bidang pilihanmu.

10. Fakta atau fiksi?

Dari waktu ke waktu, orang Australia dengan tulus ditanyai oleh orang asing yang penasaran, “Apakah Anda mengendarai kanguru ke sekolah?”. Jawaban dari geli Aussies umumnya seperti ``Erm, tidak, kami tidak.``

Cari tahu lebih banyak fakta menyenangkan seperti ini dengan belajar dan tinggal di Australia. Jangan mengambil kata kami untuk itu, datang mengalaminya sendiri!

Lihat daftar universitas Australia di Chinalink

Pilih opsi terbaik untukmu

DAFTAR UNIVERSITAS AUSTRALIA

Total Biaya untuk belajar di Australia

Sebuah tujuan studi populer di luar negeri bagi siswa, Australia memiliki salah satu program master terbaik di dunia. 7 universitas Australia masuk dalam 100 besar dunia menurut QS World University Rankings 2020.

Mari kita lihat gambaran umum tentang biaya utama di Australia:

Keterangan Biaya dalam AUD
Application fees (One time)* 50 – 100
Tuition Fees 20,000 – 50,000
Flight Tickets 2,000
Registration for English test (One time) 288
Visa application (Student Subclass 500) 620
Living expenses (yearly)* 21,041
Health insurance (yearly) 750
Total 44,800 – 74,800

 

Biaya Pendidikan di Australia

Angka-angka dalam tabel di bawah ini menunjukkan biaya tahunan pendidikan luar negeri bagi siswa internasional untuk belajar di Australia.

Program Belajar Biaya dalam AUD
Vocational Education and Training 4000 – 20,000
Undergraduate Bachelor Degree 20,000 – 45,000
Postgraduate Masters Degree 22,000 – 50,000
Doctoral Degree 18,000 – 42,000

Catatan:

Angka tersebut tidak termasuk kedokteran hewan, kursus medis, dan kursus pengiriman berbiaya tinggi lainnya.

Untuk universitas peringkat tinggi, biayanya mungkin lebih mahal. Itu selalu baik untuk memeriksa situs web resmi universitas yang Anda inginkan.

Biaya Akomodasi di Australia

Apakah Anda seseorang yang tidak suka menghabiskan uang terlalu banyak? Nah, itu selalu baik untuk tetap memeriksa pengeluaran rutin Anda dan mengelola pengeluaran Anda. Sekarang, mari kita lihat beberapa angka untuk memberi Anda gambaran tentang apa yang akan Anda belanjakan untuk akomodasi di Australia.

Tipe Akomodasi Biaya dalam AUD
Hotels and Guesthouses 90 – 150
Homestay 235 – 325
Rental 185 – 440
Shared Rental 95 – 125
On-campus 110 – 280

*Angka per minggu

Catatan:

Mungkin tidak mungkin untuk mengakomodasi semua mahasiswa internasional oleh universitas Siswa mungkin harus tinggal di luar kampus Berbagi ruang pribadi Anda sangat mengurangi biaya hidup

Biaya hidup di Australia untuk Siswa Internasional

Anda tahu bahwa cerita tidak berakhir pada menemukan tempat tinggal. Masih banyak biaya hidup lainnya. Mari kita catat rincian biaya hidup di Australia untuk Anda.

 

Pengeluaran Biaya dalam AUD Tips
Belanjaan dan makan di luar 140 – 280 Carilah supermarket yang termurah di sekitar Anda, e.g., Woolworth, Aldi, Coles.
Phone and internet 15 – 30

Cari paket panggilan hemat uang

Minta diskon pelajar

Gas dan Listrik 10 – 20 Memasak di rumah menghemat banyak uang!
Public transport 30 – 60 Dapatkan pass- bulanan atau mingguan untuk bus atau kereta api Minta diskon pelajar Anda dapat menyewa sepeda
Entertainment 80 – 150 Ini tergantung Anda
Pemeliharaan Mobil 150 – 260 Hanya jika Anda membeli mobil

*Angka adalah per minggu. Jika pengeluaran ini mengkhawatirkan Anda, ingatlah bahwa Anda selalu dapat bekerja sambil belajar di Australia dan banyak peluang kerja tersedia.

Asuransi Kesehatan

Anda wajib membeli Overseas Student Health Cover (OSHC) sebagai bagian dari proses aplikasi visa Anda seperti yang diarahkan oleh Departemen Imigrasi dan Kewarganegaraan. Biaya rata-rata asuransi kesehatan seorang individu kira-kira AUD 750 per tahun. Anda dapat membelinya secara pribadi atau melalui penyedia pendidikan. Dalam kasus apa pun, Anda bertanggung jawab penuh untuk mempertahankan kebijakan tersebut.

Tiket pesawat

Saatnya terbang ke Australia! Anda juga harus memiliki ongkos pulang sebagai bagian dari dana saat mengajukan Visa Australia.

Biaya lainnya

Sekarang, setelah Anda melihat biaya utama biaya hidup dan biaya kuliah, lihat tabel di bawah untuk biaya kecil lainnya.

Biaya Lain-lain Biaya dalam AUD Poin Penting
Buku dan materi belajar setiap tahun 500 – 1,000 Membaca online dapat mengurangi biaya
Student Service and Amenities fees Maximum 289 Hanya beberapa universitas yang mengenakan biaya ini Cek terlebih dahulu
Pajak Tergantung income Anda Dapatkan Nomor File Pajak (TFN) sebelum bekerja Ingat bahwa penghasilan Anda kena pajak

Cost of Education for International Students

Average annual cost of education, ranked in a HSBC study