Study in China

Brilliant way to study at universities on the rise

12 alasan untuk belajar di China
1. Belajar Bahasa Mandarin

Tahukah Anda bahwa belajar bahasa baru adalah salah satu kegiatan terpenting yang disukai siswa? Belum lagi, Anda setiap hari perlu berbicara dengan orang-orang di sana dan ini akan membantu Anda menguasai bahasa Mandarin.

Bahasa ini dituturkan oleh lebih dari seperlima populasi dunia, dan belajar di China pasti akan menambah kemajuan Anda mempelajari bahasa tersebut. Bahasa semakin penting di tempat kerja, dan, seperti disebutkan di atas, China adalah pemain utama di pasar dunia.

2. Pasar Kerja

Ekonomi China sedang tumbuh baru-baru ini, yang menunjukkan bahwa ada banyak kesempatan kerja hampir setiap hari. Juga, ekonomi China meroket untuk menjadi yang pertama!

China juga berada di urutan teratas dalam hal mengekspor produk ke seluruh dunia. Tak ayal, perkembangan ekonomi ini membuat China dikenal sebagai tempat penting bagi mahasiswa asing. Pernah berpikir kenapa tidak mencari pekerjaan setelah selesai kuliah? Sekarang adalah kesempatan Anda!

3. Negara aman

China dianggap sebagai salah satu negara teraman di dunia. Dan bahkan kota-kota besar dan sibuk seperti Beijing bangga akan tingkat kejahatannya yang rendah. Terlebih lagi, hukum di China sangat ketat dan orang China cenderung tidak mudah melanggar hukum. Juga, keamanan lebih berkaitan dengan Konfusianisme, yang mengutamakan rasa hormat terhadap orang yang lebih tua dan negara. Dan itu berkontribusi besar pada keamanan di seluruh negeri.

4. Universitas Internasional

Salah satu hal yang menarik siswa ke negara tertentu untuk studi adalah universitas internasional. Beberapa universitas China adalah salah satu universitas paling penting di dunia. Siswa dapat memilih untuk belajar dengan menggunakan Bahasa Mandarin ataupun dengan Bahasa Inggris. Bila Anda belum yakin sepenuhnya dengan Bahasa Mandarin Anda, belajar dengan pengantar Bahasa Inggris merupakan pilihan yang tepat tanpa harus menunda waktu belajar Anda.

5. Biaya Premium

Ketika kita berbicara tentang belajar di China, kita berbicara tentang sebuah perjalanan – perjalanan yang memberikan siswa program studi dengan biaya yang dapat diterima, dibandingkan dengan negara-negara terkemuka dalam pendidikan seperti Amerika Serikat, Jepang, atau Eropa dan Inggris.

China adalah peluang besar bagi siswa yang mencari pendidikan tinggi dengan biaya terjangkau. Bahkan dalam hal perumahan dan tempat tinggal, ada kota yang menyediakan perumahan yang sesuai dengan biaya yang sesuai dengan anggaran Anda.

6. Kota pelajar terbaik di dunia

Ada sekelompok kota di China yang dikenal secara global sebagai tujuan pelajar terkemuka dan teratas. Tak heran jika kota pelajar di China seperti Shanghai dan Beijing berada di urutan teratas.

Ini karena kota-kota ini kebetulan memiliki universitas kelas dunia, dan juga biaya hidup yang cukup oke untuk anggaran mahasiswa.

7. Menemukan budaya

Mungkin hal yang paling menakjubkan tentang China adalah keragaman budayanya, karena negara ini dikenal dengan populasi yang sangat tinggi. Ini bisa dikatakan bahwa China memiliki keragaman etnis. Belum lagi, keragaman budaya yang luar biasa.

Anda akan datang untuk menemukan begitu banyak kebiasaan dan menguji hal-hal baru dalam perjalanan Anda untuk belajar di China. Saran kami adalah sambil belajar juga bersenang-senanglah!

8. Destinasi penting

Persentase siswa Tiongkok yang berkunjung setiap tahun meningkat, dan saat ini negara tersebut adalah salah satu negara paling terkemuka yang menjadi tuan rumah bagi siswa internasional.

Jumlah siswa internasional telah berlipat ganda secara dramatis selama sepuluh tahun terakhir. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa sistem pendidikan tinggi di China menyediakan siswa dengan studi universitas yang memenuhi semua standar internasional.

9. Beasiswa untuk pelajar

China mendorong siswa internasional untuk datang dan melanjutkan studi di China! Negara bekerja untuk menyediakan kondisi yang sesuai bagi siswa untuk mendapatkan pendidikan mereka.

Meskipun Anda tidak dijamin menerima skema beasiswa, pemerintah Tiongkok menciptakan semakin banyak peluang dan insentif bagi siswa asing untuk memilih Tiongkok. Kelayakan tergantung pada kebangsaan, tetapi setiap orang harus dapat menemukan setidaknya satu yang dapat mereka lamar.

Selain itu, negara ini menawarkan beasiswa yang berkontribusi untuk menarik siswa internasional setiap tahun. Beasiswa tersebut dapat menutupi biaya akademik secara keseluruhan atau sebagian.

10. Biaya hidup terjangkau

Dibandingkan dengan negara-negara Eropa, Amerika dan bahkan beberapa negara Asia, tinggal di China jauh lebih masuk akal bagi setiap siswa internasional. Misalnya, untuk belajar di Jepang, Anda harus mampu menopang biaya hidup sebesar 1800 dolar per bulan. Dan Korea Selatan termasuk di antara lima negara termahal di dunia untuk pelajar internasional.

Di sisi lain, di China, beasiswa sering kali mencakup tunjangan untuk menutupi biaya akomodasi Anda dan beberapa biaya harian dalam beberapa kasus. Tetapi bahkan jika Anda membayar akomodasi Anda, Anda akan dikenakan biaya antara $200 dan $300 per bulan tanpa biaya tambahan untuk air, gas, dan listrik. Transportasi juga sangat murah: 2-3 yuan untuk tiket bus dan 5-7 yuan untuk tiket kereta bawah tanah.

11. Anda Dapat Menjelajahi Pemandangan Indah

Bayangkan berjalan ke alun-alun kota berbatu saat matahari terbit untuk sarapan sebelum kelas dan disambut oleh pemandangan orang-orang yang berlatih Tai-chi. Atau, Anda bisa berangkat pada akhir pekan untuk menjelajahi Tembok Besar, tempat banyak pejuang bertempur berabad-abad yang lalu.

China adalah negara yang besar dan beragam secara geografis. Dari pegunungan dan garis pantai hingga padang rumput dan gurun, China memiliki keajaiban alam natural dan bangunan buatan manusia yang dapat Anda lihat selama perjalanan Anda di seluruh wilayah.

12. CV Anda Akan Bersinar!

Setiap studi di luar negeri menunjukkan karakter, semangat, kemandirian, tekad untuk berhasil, dan keuletan. Belajar di China akan sering memberi CV Anda keunggulan sedikit dibandingkan kandidat lokal.

Terhubung dengan CV Anda yang mempesona, Anda mungkin akan menemukan bahwa Anda jauh lebih berharga di tempat kerja dengan memiliki pengetahuan bahasa kedua dan memiliki pengalaman belajar di luar negeri.

Ada banyak peluang kerja di China sendiri, dan negara ini mengalami pertumbuhan yang cepat dan memiliki ekonomi yang stabil. Jika Anda memilih untuk bekerja di negara lain, pengetahuan tentang kebiasaan bisnis China, bahasa, dan kehidupan akan menjadi keuntungan besar bagi perusahaan-perusahaan yang terlibat dalam bisnis dengan China.

See the list of all Chinalink China Universities

Choose the best option for you

DAFTAR UNIVERSITAS CHINA

Total Expenses to study in China

Total Biaya untuk belajar di China

Biaya Aplikasi Pendaftaran dan Biaya Pendidikan

Biaya pendaftaran untuk jurusan yang berbeda untuk gelar yang berbeda di setiap universitas bervariasi dari 90 USD hingga 150 USD, biasanya tidak lebih dari 200 USD. Di antara semua program yang ditawarkan oleh universitas, MBBS mungkin yang paling mahal dalam hal biaya pendaftaran. Selain itu, semakin tinggi peringkat daftar universitas China, semakin mahal biaya kuliahnya.

Namun, biaya kuliah universitas China cukup rendah dibandingkan dengan UK/USA. Perkiraan biaya kuliah berkisar dari 3300 USD (sekitar 20.000 RMB) hingga 9900 USD (sekitar 60,000 RMB) per tahun.

Memenangkan beasiswa untuk belajar di Tiongkok dapat memberi Anda pembebasan biaya sekolah, akomodasi gratis, dan bahkan tunjangan bulanan untuk menanggung makanan dan biaya lain untuk belajar di Tiongkok sebagai siswa internasional.

Biaya penting lainnya untuk belajar

Jika Anda memiliki rencana untuk belajar di Tiongkok selama lebih dari 6 bulan, Anda diwajibkan oleh pemerintah Tiongkok untuk menjalani pemeriksaan kesehatan, yang harus Anda atur sebelum meninggalkan negara asal Anda. Anda akan diminta untuk menunjukkan catatan pemeriksaan kesehatan Anda (Formulir Pemeriksaan Fisik Orang Asing) saat mengajukan permohonan visa pelajar Tiongkok.

Semua pelajar luar negeri harus mengajukan permohonan visa pelajar, baik tujuan Anda adalah untuk tinggal selama lebih dari 6 bulan (X1-Visa), atau visa bisnis atau jika Anda berencana untuk tinggal kurang dari 6 bulan (X2-Visa). Per semester, siswa harus berasumsi untuk menghabiskan 200 RMB hingga 330 RMB untuk buku dan materi belajar. China beroperasi dengan sistem dua semester, jadi Anda dapat menghabiskan 400 hingga 665 RMB setahun. Jadi totalnya akan jauh lebih banyak jika Anda memilih untuk belajar sains, kedokteran, atau seni. Tagihan internet bulanan rata-rata adalah 95 RMB (dibagi antara penyewa) dan paket telepon seluler adalah 100 RMB per bulan.

Angkutan umum di China adalah super hemat termasuk naik taksi. Harga perjalanan metro tunggal adalah 3 RMB, perjalanan bus di kota adalah 2 yuan. Anda harus membayar 26 RMB untuk naik taksi 20 menit melintasi kota.

Biaya akomodasi

Kami tahu Shanghai dan Beijing dikenal sebagai kota yang mahal untuk ditinggali di China, tetapi Anda dapat menemukan beberapa pilihan perumahan yang terjangkau di kota-kota metropolitan ini. Tarif bahkan lebih rendah di tempat-tempat seperti Tianjin, Jiangsu atau Sichuan. Pilihan perumahan paling umum di China adalah:

Asrama siswa –Pilihan tempat tinggal paling umum di China adalah asrama siswa (1000 RMB hingga 2700 RMB, atau 150 USD hingga 400 USD/ bulan)

Menyewa flat – tarif rata-rata adalah antara (1800 RMB hingga 6800 RMB atau 300 USD hingga 1000 USD/bulan) untuk apartemen satu kamar tidur. Tergantung pada kota, lokasi apartemen dan fasilitas yang disertakan.

Homestay– antara 2000 RMB hingga 3650 RMB atau 350 USD hingga 550 USD/bulan.

Hostel – biasanya dipilih oleh mahasiswa internasional sebagai pilihan sementara; harga mulai dari 119 RMB atau 18 USD/malam untuk kamar pribadi.

Tinggal dengan teman sekamar baik di asrama siswa atau di apartemen adalah pilihan paling umum di kalangan siswa asing untuk menghemat uang.

Deposit: Akomodasi terutama tempat tinggal siswa dan apartemen sekitar 2000 hingga 3000 RMB memerlukan uang jaminan sebesar 200-600 RMB.

Tagihan utilitas: sekitar 50 USD/bulan (air, gas, dan listrik). Sewa untuk apartemen satu kamar tidur di kota tertentu di China rata-rata 3500 RMB per bulan.

Biaya Hidup di Tiongkok

Biaya hidup di China berbeda-beda tergantung di mana Anda berada secara geografis. Ada juga berbagai pilihan gaya hidup apa yang bisa Anda pilih. Ada beberapa kota seperti Zhenjiang dan Yangzhou di Jiangsu, biaya makanan China kurang dari 100 USD. Biaya hidup di wilayah metropolitan seperti Beijing, Guangzhou, Shanghai, akan sedikit mahal. Untuk hidup enak dan fun misalnya, Beijing adalah salah satu kota termahal dan Anda akan membutuhkan antara 1000 dan 1200 USD/bulan untuk menutupi pengeluaran Anda. Shanghai dan Shenzhen adalah kota termahal ke-2, karena Anda akan menghabiskan antara 850 dan 1200 USD/bulan. Kota-kota lain akan menjadi sekitar 600 USD-1000 USD/ bulan (Jumlah ini dapat mencakup akomodasi jika Anda tinggal di asrama).

Biaya makanan

China terkenal dengan masakannya yang beragam, menarik, menarik dan belum lagi sangat terjangkau. Makan di kantin universitas, restoran lokal kecil, atau makanan cepat saji di China harus berharga antara $1 sampai $4. Pilihan bersantap kelas menengah (harga antara $ 4 hingga $ 7) termasuk masakan China dan internasional. Biaya makanan mungkin sangat individual. Anda bisa mendapatkan sup sirip hiu dengan biaya 60 USD per mangkuk atau 1 USD mie daging sapi di sudut jalan. Makanan cepat saji seperti KFC (ayam goreng Kentucky) dan McDonald bisa didapatkan dengan harga 4 hingga 5 dolar. Namun, kota-kota kecil dapat menjadi jauh lebih murah dalam hal biaya hidup. Berikut ditampilkan beberapa biaya makanan yang tercantum di bawah ini:

Tabel di bawah ini umumnya menunjukkan harga beberapa barang di pasar China.

Item Harga rata-rata
 Makan, Restaurant biasa 3 USD
Makan berdua, Restaurant menengah, 3 menu 16 USD
 Beer lokal (0.5-liter) 0.6 USD
 Coke/Pepsi (0.33 liter) 0.6 USD
 Susu (regular), 1 liter 1.8 USD
Roti tawar (500 g) 1.3 USD
 Telur (12) 1.4 USD
Keju (1 kg) 13 USD
Dada ayam (1 kg) 3.40 USD
Taxi (5 km) 2.5-3.5 USD
Fitness Club, member per bulan 22 USD
Bioskop (1 Seat) 10 USD

Cost of Education for International Students

Average annual cost of education, ranked in a HSBC study

Pengurusan Belajar di China
1-Stop Service bersama CHINALINK

Kami menyediakan paket layanan yang lengkap bagi mahasiswa yang ingin belajar mandiri, sekaligus bersenang-senang dan menikmati petualangan sambil belajar. Anda akan memiliki waktu yang tak terlupakan dalam hidup Anda bersama kami.

Manfaat yang akan menghemat waktu, tenaga, dan uang Anda:

Readmore