Study in Malaysia

Experience study with an affordable tuition and living cost

11 alasan untuk belajar di Malaysia

Pendidikan Berkualitas Tinggi

Pendidikan tinggi di Malaysia menyerupai model yang sangat berbeda. Memiliki berbagai institusi yang menawarkan program studi yang berbeda.
Hal ini membuat Malaysia memenuhi semua persyaratan siswa dari seluruh dunia. Berbagai institusi ini diawasi secara ketat oleh Kementerian Pendidikan, yang bekerja untuk membuat dan mentransfer Malaysia menjadi pusat keunggulan akademik di seluruh dunia.

Gelar Universitas yang Diakui Internasional

Siswa di Malaysia dapat memperoleh gelar dari universitas di Australia, Inggris, Amerika Serikat, Belanda, dan Prancis.
Mereka dapat melakukannya melalui “Twinning Program” di Malaysia. Selain itu, universitas asing memiliki cabang di Malaysia, seperti Australian Monash University, British Nottingham University, Newcastle University, dan universitas ternama dunia lainnya.

Biaya Belajar dan Hidup Terjangkau

Biaya belajar dan hidup adalah salah satu elemen terpenting yang menarik para siswa untuk melanjutkan studi mereka di negara yang indah ini. Dibandingkan dengan negara-negara seperti Inggris atau Amerika Serikat, biaya belajar dan tinggal di negara-negara tersebut sangat tinggi.
Tetapi di Malaysia, selain menerima pendidikan bergengsi di berbagai institusi pendidikannya, Anda dapat menikmati pengalaman belajar yang luar biasa dengan biaya terendah.

Prosedur Visa Mudah

Malaysia merupakan salah satu negara yang tidak mempersulit prosedur bagi mahasiswa yang melanjutkan studi di salah satu institusinya.
Mendapatkan visa belajar di Malaysia adalah hal yang biasa. Cukup ikuti beberapa langkah dan institusi yang dipilih akan membantu Anda mendapatkan visa belajar Anda.

Salah satu Negara Paling Stabil di Seluruh Dunia

Salah satu alasan mengapa mahasiswa internasional lebih memilih untuk belajar di Malaysia adalah karena Malaysia adalah salah satu negara paling stabil di dunia. Ini juga menjadi saksi stabilitas politik, dengan tingkat kejahatan yang rendah.

Hal ini membuat masa belajar siswa berlalu dengan tenang, tanpa kesulitan. Bahkan faktor alam sangat bagus. Cuaca di Malaysia adalah ringan, hujan di sebagian besar waktu tetapi tidak ada kondisi cuaca beku atau panas.

Keanekaragaman Makanan

Keragaman budaya di Malaysia berkontribusi untuk menciptakan keragaman besar dalam masakan Malaysia. Sebagai siswa internasional, Anda akan menemukan berbagai macam pilihan makanan di negara ini. Ada juga makanan halal yang akan Anda temukan di mana-mana.

Destinasi Wisata Hebat

Malaysia adalah negara yang menarik turis. Sebagai siswa internasional di Malaysia, Anda tidak hanya akan mendapat manfaat dari pendidikan tingkat tinggi, tetapi Anda juga akan menikmati pemandangan yang menakjubkan.

Selain arsitektur kota dan gedung-gedungnya yang tinggi, karena negara ini dikenal dengan gedung pencakar langit kembarnya.

Salah satu alasan yang akan mendorong Anda untuk melanjutkan studi di Malaysia adalah belajar di universitas bergengsi yang menawarkan banyak dan beragam disiplin ilmu.

Universitas-universitas top di Malaysia menjadi tujuan favorit banyak mahasiswa. Universitas-universitas Malaysia memiliki peringkat tinggi di antara daftar universitas-universitas top di seluruh dunia.

Keanekaragaman Budaya

Para siswa internasional akan mendapat manfaat dari pengalaman unik, berkat keragaman budaya Malaysia. Apalagi masyarakat Malaysia terdiri dari banyak suku, agama, dan tradisi.

Tanpa Hambatan Bahasa

Tanpa Hambatan Bahasa

Sebagai tujuan wisata, Malaysia memiliki literasi bahasa Inggris yang relatif tinggi. Sebagai siswa internasional, Anda tidak akan menghadapi masalah komunikasi karena mayoritas masyarakat memahami dan berbicara bahasa Inggris dasar.
Selain itu, banyak universitas Malaysia menawarkan program studi dalam bahasa Inggris. Lebih baik lagi, beberapa institusi menawarkan kursus bahasa Inggris bagi siswa yang ingin mengembangkan kemampuan berbicara, membaca dan menulis mereka. Di sisi lain, Anda juga dapat mempelajari bahasa lokal lainnya untuk memperluas kemampuan bahasa Anda.

Layanan internet cepat

Ini adalah alasan bagus lainnya bagi siswa internasional untuk memilih Malaysia di atas negara-negara lain di kawasan ini. Malaysia memiliki kecepatan rata-rata Internet tetap sebesar 74,84 Mbps (megabit per detik) dan kecepatan 24,56 Mbps untuk koneksi internet seluler. Ini adalah peringkat keempat di seluruh Asia Tenggara.

Total Expenses to study in Malaysia | Total Biaya untuk belajar di Malaysia

Sangat menguntungkan bagi siswa, Malaysia memiliki biaya hidup terendah di ASEAN, memungkinkan siswa dari seluruh dunia mendapatkan pendidikan berkualitas tinggi tanpa harus menguras kantong orang tua mereka.

Biaya Kuliah dan Biaya Universitas

Satu-satunya biaya terbesar untuk siswa internasional adalah biaya kuliah universitas mereka. Menurut Departemen Pendidikan Tinggi Malaysia, gelar Bachelor of Computer Science (Software Engineering) dapat berkisar dari $5.000 hingga $30.000 (RM20-120k) total untuk program 3,5 tahun, tergantung pada universitasnya. Ini jauh lebih rendah daripada di negara-negara Barat, di mana biaya kuliah dapat berkisar dari $10,000-$50,000 (RM40-200k) setahun di negara-negara seperti AS dan Australia.
Untuk siswa internasional baru, biaya di muka akan sedikit lebih tinggi untuk semester pertama Anda, karena Anda harus membayar beberapa biaya tambahan yang biasanya tidak dibebankan kepada siswa lokal.

Asrama & Perumahan

Saat baru di Malaysia, sebagian besar mahasiswa internasional memilih asrama kampus tahun pertama mereka, karena mereka tidak terbiasa dengan lingkungan baru, dan lebih suka tinggal di sebelah kampus di asrama universitas yang ditunjuk. Sebagian besar asrama kampus memiliki fasilitas dasar: tempat tidur, meja, lemari pakaian, dan mungkin kipas langit-langit atau AC. Ada juga fasilitas bersama seperti kamar mandi, area binatu, toko serba ada, dan terkadang restoran kecil atau toko yang berguna.
Di sisi lain, perumahan di luar kampus di kondominium atau kamar di properti tapak bisa menjadi pilihan yang lebih terjangkau dan mudah ditemukan setelah Anda menetap di Malaysia. Tergantung pada jenis kamar, perabotan, dan fitur, kamar di kondominium di luar kampus akan berkisar antara RM500-1,500 atau RM750 per bulan rata-rata, termasuk wifi dan utilitas. Biayanya jauh lebih fleksibel di sini, karena Anda dapat menegosiasikan sewa dengan pemilik atau memilih dan menemukan kamar yang paling sesuai dengan anggaran dan preferensi Anda. Anda juga memiliki lebih banyak kebebasan, karena tidak ada aturan universitas yang harus dipatuhi.
Biaya Rata-rata per bulan: RM600 Sewa + RM 150 Utilitas = RM750
Pengeluaran Sehari-hari (Makanan, Transportasi, Gaya Hidup)
Penghematan sebenarnya dimulai dari pengeluaran Anda sehari-hari. Siswa internasional, terutama yang berasal dari Timur Tengah, Asia Selatan, atau Asia Tenggara, akan menemukan bahwa Malaysia adalah negara di mana mereka dapat menjalani kehidupan siswa yang produktif dan menyenangkan dengan anggaran yang lebih rendah daripada negara asal mereka!

Makanan

Masakan Malaysia terkenal di dunia karena meningkatkan bahan dan rasa lokal menjadi hidangan mewah yang lezat dan terjangkau. Sarapan di Malaysia hanya akan dikenakan biaya antara RM3-5 untuk hidangan seperti nasi lemak, roti canai, atau bihun goreng. Makan siang dan makan malam di sebagian besar restoran Malaysia berkisar dari RM8-15 untuk makanan pokok seperti nasi goreng, kari Malaysia, atau ayam tandoori dan naan.
Untuk lebih lanjut tentang sarapan Malaysia, baca blog kami sebelumnya What's for Breakfast? 5 Kenikmatan Pagi Malaysia.
Biaya Rata-rata per bulan: RM800 untuk 3 kali makan sehari

Transportasi

Rata-rata biaya transportasi di Malaysia adalah RM 81-122 per bulan. Untuk pelajar internasional, transportasi umum yang paling umum digunakan adalah Light Rail Train (LRT) di Kuala Lumpur. LRT membawa Anda ke semua area utama di KL yang kemungkinan besar akan Anda kunjungi dengan biaya RM2-5 per perjalanan tergantung pada titik awal/akhir Anda.
Perjalanan bus rata-rata di kota biaya Anda sekitar RM 1-3. Beberapa universitas memiliki layanan bus di kampus, di mana Anda dapat membayar hingga RM 60 per semester untuk perjalanan bus tanpa batas.
Siswa juga dapat menggunakan Grabcar (seperti Uber) untuk bepergian dari satu tempat ke tempat lain. Biayanya pasti akan lebih tinggi, tetapi ada banyak pengemudi dan sangat berguna jika angkutan umum ditutup.
Taksi tersedia dalam jumlah banyak, meskipun biasanya terjadi sedikit tawar-menawar. Perlu diketahui bahwa tarif standar untuk taksi adalah RM3 untuk kilometer pertama.
Di luar kota ada Metros, yang disebut KTM, dapat dikenakan biaya hingga RM 3 untuk satu tiket.
Dimungkinkan untuk menyewa mobil seharga RM 197, tetapi umumnya tidak disarankan mengingat biayanya.
Malaysia memiliki garis pantai yang panjang, memiliki banyak feri yang tersedia. Ini tidak digunakan oleh siswa untuk transportasi sehari-hari, tetapi digunakan untuk mengunjungi lokasi tertentu, dengan biaya perjalanan RM 56-223.
Alih-alih membeli tiket setiap kali Anda menggunakan transportasi umum di Malaysia, Anda bisa mendapatkan kartu Touch 'n Go (TnG) seharga RM20. Ini memiliki opsi untuk mengisi ulang kapan pun Anda mau.

Salah satu tugas terpenting yang harus dilakukan setelah Anda menetap di Malaysia adalah membuka rekening bank. Anda harus membawa dokumen-dokumen ini:
Visa pelajar Malaysia, Bukti identitas, Paspor, Sertifikat pendaftaran di institusi Malaysia, Bukti alamat
Anda harus membayar deposit tunai sebesar RM 250 untuk menyelesaikan proses. Rekening bank ini dapat digunakan untuk melakukan semua transaksi Anda dengan universitas Anda.

Gaya hidup

Medan yang indah di Malaysia dan atraksi yang berlimpah menarik jutaan wisatawan dari seluruh dunia setiap tahun. Baik Anda seorang pejalan kaki yang rajin, penghuni kedai kopi, penggemar pantai, atau hanya mencari tempat yang bagus untuk bersantai, Malaysia adalah lingkungan yang ramah untuk dinikmati siswa. Karena setiap orang memiliki minat yang berbeda.
Berapa yang akan dibelanjakan siswa internasional per bulan di Malaysia?
Berikut adalah rincian pengeluaran bulanan rata-rata untuk siswa internasional:

Total biaya hidup untuk siswa internasional di Malaysia kira-kira RM1,850 per bulan. Ini tentu saja dapat berfluktuasi berdasarkan jenis akomodasi yang ingin Anda tinggali, makanan yang ingin Anda makan, seberapa sering Anda menggunakan transportasi umum, dan berapa banyak yang Anda habiskan untuk kegiatan santai. Namun demikian, dibandingkan dengan negara lain, Malaysia adalah tujuan yang terjangkau di mana siswa bisa mendapatkan gelar sambil menciptakan kenangan seumur hidup dari waktu mereka di luar negeri!

See the list of all Chinalink Malaysia Universities

Choose the best option for you
DAFTAR UNIVERSITAS MALAYSIA

Perbandingan Biaya Hidup di Kota Pelajar Terbaik di Malaysia

Biaya hidup di Malaysia relatif lebih rendah dibandingkan dengan negara lain, mencapai sekitar RM 14.400 per tahun, termasuk makanan, perjalanan dan akomodasi. Kota pelajar teratas dan biaya yang diharapkan adalah sebagai berikut:

City Cost of Living (per month) Accommodation (per month)
Kuala Lumpur RM 2,053 RM 1,193-1,893
Penang RM 1,924 RM 1,011-1,236
Johor Bahru RM 2,124 RM 813-893

 

Biaya akomodasi siswa di Kuala Lumpur lebih tinggi daripada tempat lain, karena menjadi tujuan internasional yang populer. Selain akomodasi, jika seseorang ingin membagi biaya hidup di Malaysia, biaya kebutuhan lainnya akan menjadi:

Makanan – RM 12-40 per hari

Seluler dan internet – RM 20-203 per bulan

Laundry – RM 60

Cost of Education for International Students

Average annual cost of education, ranked in a HSBC study