Study in Singapore

Witnessing of truly an extraordinary, world-class international metropolis

7 alasan untuk belajar di Singapore

Standar Pendidikan Tinggi

Singapura sekarang menjadi tuan rumah dari dua universitas yang berada di peringkat 15 besar di dunia, dan dua di peringkat 3 besar di Asia, menurut QS World University Rankings 2016. Universitas-universitas di Singapura diakui khususnya untuk kursus teknologi dan teknik mereka, serta mereka dalam ilmu alam. Singapura dianggap sebagai salah satu negara pendidikan terkemuka di Asia.

Kesempatan Kerja

Ekonomi Singapura yang kuat, yang dihasilkan dari fokus industrinya yang kuat, berarti ada sejumlah prospek pekerjaan bagi para lulusan. Pada tahun 2016 tingkat pengangguran hanya 2,2% dan dengan banyak organisasi yang menawarkan program pascasarjana, pasti akan ada banyak peluang yang tersedia.

Keamanan dan Keselamatan

Singapura secara konsisten menduduki peringkat sebagai salah satu kota teraman di dunia. Kebijakannya tentang non-toleransi terhadap penyerangan, kekerasan fisik dan mental, baik di dalam maupun di luar kampus akan memberikan lingkungan hidup dan belajar yang aman bagi siswa internasional. Selain itu, pengalaman belajar Anda di Singapura akan positif karena orang-orang Singapura peduli dan hangat terhadap orang-orang dari negara lain.

Sistem Transportasi Umum

Jaringan sistem transportasi umum yang efisien yang membuat perjalanan ke bagian mana pun di pulau lebih nyaman dan terjangkau dengan kereta api, bus, atau taksi.

Pengalaman Bersantap dan Berbelanja

Di Singapura, kehabisan pilihan untuk hiburan favorit semua orang – bersantap dan berbelanja tidak pernah terjadi. Multi-rasialisme Singapura berarti bahwa ada makanan lezat di mana-mana oleh setiap kelompok budaya yang terjangkau karena lezat. Tidak hanya makanan lokal yang sangat enak dan beragam, tetapi ada juga banyak masakan dari negara lain. Ada kantong lingkungan budaya seperti Little India, Chinatown, dan jalan Arab. Dengan begitu banyak variasi, Anda tidak akan pernah bosan dengan pilihan makanannya. Ketika datang ke belanja, ada banyak pilihan hotspot ritel model baru dan tidak lupa untuk menyebutkan sabuk Orchard Road yang terkenal.

Multikultural

Karena Singapura terletak dekat dengan pusat Asia Tenggara, negara itu sendiri adalah negara kepulauan yang multikultural dan beragam. Orang-orang yang tinggal, belajar dan bekerja di Singapura berasal dari seluruh dunia dan sebagai hasilnya, negara ini merupakan kumpulan dari beragam budaya, etnis, dan agama. Keanekaragaman yang luar biasa ini berfungsi secara harmonis, karena bangsa ini relatif bebas dari konflik.

Dekat dengan rumah

Belajar di luar negeri sangat sulit bagi banyak orang, karena sering kali berarti pindah ke belahan dunia lain, jauh dari rumah, teman, dan keluarga. Singapura, dibandingkan dengan AS atau Australia misalnya, sangat dekat dengan Indonesia, tinggal di Singapura, tidak akan terasa jauh dari rumah sama sekali!

See the list of all Chinalink Singapore universities

Choose the best option for you

SINGAPORE UNIVERSITY LIST

Total Biaya untuk belajar di Singapore

Singapura, sebuah negara pulau kecil di ujung selatan Semenanjung Malaya, adalah kisah sukses tersendiri. Memiliki ekonomi yang sangat maju dibandingkan dengan negara lain di dunia, tidak mengherankan bahwa itu juga salah satu tempat paling mahal untuk belajar. Biaya kuliah di universitas-universitas Singapura diperkirakan SGD 15.000-30.000, sedangkan biaya hidup di Singapura adalah 1320 SGD untuk satu orang selama satu bulan.

Biaya hidup di Singapura berbeda-beda sesuai wilayahnya juga. Sewa paling mahal ada di wilayah Tengah. Wilayah ini memiliki pusat keuangan dan perbelanjaan kota, membuatnya lebih mahal untuk disewa. Sewa termurah adalah di utara dan timur.

Biaya Transportasi di Singapura

Karena biaya hidup di Singapura sudah tinggi, penting bagi siswa untuk mengetahui dengan baik transportasi lokal di Singapura, karena dapat membuat komponen pengeluaran Anda cukup murah. Anda harus menganggarkan biaya transportasi sekitar SGD 92,77 per bulan.

Dengan Singapura memperkenalkan Rencana Bersepeda Nasional, semakin banyak orang yang memilih sepeda sebagai moda transportasi. Membeli sepeda baru akan membuat Anda kembali sebesar SGD 100-500, jadi Anda bisa mendapatkan sepeda bekas.

Taksi banyak tersedia di Singapura, mengenakan biaya SGD 2,40 untuk 1,5 kilometer pertama, dan kemudian 10 sen untuk setiap tambahan 240 meter.

Ada dua jenis bus di Singapura – SBS Transit (warna merah & putih) dan SMRT (warna kuning). Tarif bus rata-rata adalah SGD 1.4-2.4, tetapi Anda juga dapat menghitung tarifnya sebagai SGD 0,8 untuk bus non-AC dan SGD 1,5 untuk bus AC. Selain itu, ada layanan bus “feeder” yang mengenakan tarif tetap berapa pun jaraknya, biasanya sebesar SGD 0,67.

Kereta api juga ada dua jenis, yaitu Mass Rapid Transit (MRT) dan Light Rail Transit (LRT). Harga tiket MRT adalah SGD 0,6-1,5, bervariasi tergantung jarak perjalanan.

Salah satu moda transportasi yang lebih unik di Singapura adalah becak. Meskipun mereka kurang lebih merupakan objek wisata, Anda bisa mendapatkan tumpangan di sekitar kota dan melihat semua lokasi penting dengan biaya sekitar SGD 50.

Untuk perjalanan bebas repot di Singapura, disarankan untuk membeli kartu EZ-Link, yang merupakan kartu pintar yang memungkinkan transaksi tanpa uang tunai. Anda harus mengetuk kartu pada pembaca kartu, yang memindai dan memotong tarif dari kartu. Ini adalah bentuk pembayaran yang diterima untuk MRT, LRT, dan bus, dan Anda dapat menambah nilai kartu di semua stasiun. Anda harus membeli kartu seharga SGD 10-50, tetapi dalam jangka panjang Anda dapat menghemat banyak uang karena diskon yang diberikannya.

Salah satu tugas pertama yang harus Anda jalankan setelah Anda semua menetap di akomodasi Anda di Singapura adalah membuka rekening bank. Siswa disarankan untuk memilih bank yang tidak memungut biaya tinggi. Anda akan memerlukan dokumen-dokumen berikut untuk menyelesaikan prosedur:

  • Paspor Anda
  • Kartu pelajar
  • Setoran awal minimal SGD 500

Memiliki rekening bank di Singapura membuat semua transaksi keuangan Anda menjadi lebih mudah, dan sangat berguna karena Anda tidak perlu repot berurusan dengan nilai tukar mata uang jika dana yang dikirim dan diterima berada di dalam wilayah Singapura.

Biaya Hidup di Singapura: Akomodasi

Akomodasi mungkin merupakan faktor paling mahal yang menambah biaya hidup di Singapura, dengan rata-rata sewa bulanan SGD 2.448. Hal ini tentu saja dapat berbeda-beda sesuai dengan jenis masa inap dan fasilitas yang Anda pilih:

Sebagian besar universitas di Singapura menyediakan akomodasi bagi mahasiswa, khususnya mahasiswa internasional tahun pertama. Anda dapat mengajukan permohonan akomodasi di kampus di aula tempat tinggal, di mana setiap apartemen menampung hingga enam mahasiswa. Siswa sering mendapatkan kamar single atau double yang dilengkapi perabotan, dan manajemen yang mengurus masalah apa pun selama menginap. Ini akan dikenakan biaya SGD 140-440 per bulan.

Asrama swasta juga tersedia yang meskipun terkadang dijalankan oleh universitas, sebagian besar dimiliki oleh lembaga swasta. Beberapa hostel untuk masa tinggal jangka pendek, yaitu sehari atau seminggu, sementara beberapa untuk kontrak tiga bulan. Biaya akomodasi jangka panjang adalah SGD 540-1.000 per bulan.

Anda dapat menyewakan apartemen kondominium, atau kamar di flat bersama, dengan beberapa fasilitas seperti ruang tamu dan kamar mandi secara bersama, seharga SGD 930-2650 per bulan.

Jika Anda berbagi kamar di akomodasi siswa semacam itu di Singapura, Anda hanya perlu mengeluarkan SGD 480 per bulan untuk sewa, sedangkan satu kamar akan dikenakan biaya SGD 730 per bulan.

Jika Anda mencari kondominium, Anda dapat mengharapkan sewa SGD 1000-1800 per bulan untuk kamar normal, sedangkan untuk unit studio adalah SGD 1700-2400 per bulan.

Beberapa siswa merasa lebih mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan baru dengan tinggal bersama keluarga angkat di Singapura. Homestay menyediakan penginapan, makanan, dan fasilitas lainnya seharga SGD 500-1000 per bulan.

Seorang siswa yang ingin tinggal sendiri, dan memiliki sarana untuk melakukannya, dapat menyewa apartemen satu kamar tidur atau studio seharga SGD 2000-6000 selama sebulan.

Sebagian besar termasuk utilitas, terutama AC, tetapi sangat sering di akomodasi yang tidak dikelola universitas, ada biaya terpisah untuk utilitas ini sesuai penggunaan Anda. Lokasi tempat Anda tinggal juga mempengaruhi harga sewa, dengan sewa apartemen di daerah mahal seperti Orchard Road seharga SGD 4,000-7,000 per bulan (untuk seluruh apartemen).

Universitas Singapura: Sewa Perumahan

Singapura adalah rumah bagi sekitar 34 universitas, masing-masing dengan jenis akomodasi di kampusnya sendiri. Bagan sewa untuk satu orang di kamar rata-rata di aula tempat tinggal di universitas-universitas top Singapura memberi kita angka-angka ini:

University Accommodation cost
National University of Singapore SGD 86-217 per week
Nanyang Technological University SGD 265-605 per month
Singapore Management University SGD 630-1,025 per month
INSEAD – Singapore SGD 20,573 for the whole study period
Singapore Institute of Management SGD 500-1,200 per month

 

Biaya Hidup di Singapura

Selain akomodasi di Singapura yang akan dikenakan biaya SGD 1800-3600, Anda harus menganggarkan biaya lain yang menyertai tinggal di Singapura sebagai siswa internasional:

  • Utilitas – SGD 155 per bulan
  • Makanan – SGD 5-16 setiap hari, jika membeli dari luar
  • Jika memasak makanan sendiri – SGD 200 per bulan
  • Transportasi Umum – SGD 80-120 per bulan
  • Paket Seluler – SGD 48-108 per bulan
  • Buku dan Materi – SGD 150

 

Biaya Hidup di Singapura: Berdasarkan Wilayah

Tengah, Utara, Timur Laut, Timur, dan Barat adalah lima wilayah yang membentuk Singapura. Meskipun biaya hidup sehari-hari tidak berfluktuasi secara signifikan dari satu area ke area berikutnya, harga sewa bervariasi secara signifikan di setiap area. Sewa akan lebih murah jika Anda tinggal di pinggiran kota. Banyak distrik di utara negara itu, khususnya, yang dianggap murah.

Rata-rata, apartemen tiga kamar tidur di Orchard Road di Central District berharga 7.000 SGD (5.040 USD) per bulan untuk disewa. Apartemen tiga kamar tidur di kawasan Woodlands distrik Utara rata-rata seharga 2600 SGD (1870 USD) per bulan.

Area Lokasi

Biaya Sewa

Apartmen Studio

Sewa Bulanan  Apartmen 3 Kamar
Central 4,000 SGD 7,000 SGD
North 1,500 SGD 2,600 SGD
North-East 1,700 SGD 2,700 SGD
East 1,900 SGD 2,450 SGD
West 2,700 SGD 4,000 SGD

 

Secara total, biaya hidup di Singapura untuk satu siswa internasional diharapkan mencapai sekitar SGD 10,000 per tahun. Ketika Anda berencana untuk belajar di Singapura, Anda harus mengingat biaya-biaya ini sehingga Anda bisa mendapatkan gambaran yang jelas tentang berapa banyak dana yang dibutuhkan. Baik untuk mengetahui lebih banyak tentang transportasi umum, atau mencari hostel pelajar murah di Singapura, Anda disarankan untuk memulai riset di situs web universitas pilihan Anda, karena situs tersebut menyediakan informasi yang lebih spesifik untuk situasi Anda.

Cost of Education for International Students

Average annual cost of education, ranked in a HSBC study